Makna Sebuah Kegagalan

Abdurrazak Kumkello, Silalouw, orang sepa, desa sepa, orang masohi, Makna Sebuah KegagalanSaya adalah satu dari sekian juta orang yang pernah mengalami kegagalan, bahkan ketika saya menulis artikel ini selalu dihantui rasa gagal. banyak orang diluar sana yang menganggap kegagalan sebagai sebuah monster yang sangat menakutkan sehingga mereka takut jika menemuinya. adapula juga yang menganggap kegagalan sebagai aib yang memalukan yang harus dihindari atau ditutupi.dan masih banyak lagi makna tentang kegagalan tergantung orang yang memaknainya sendiri.
Tentunya kalian semua pernah mengalami segala bentuk kegagalan, baik itu kegagalan di sekolah, di kampus, di tempat kerja, di dalam masyarakat, dan masih banyak lagi kegagalan yang pernah kita alami.Gagal itu tidaklah sama dengan menjadi pecundang. Seseorang bisa saja sering gagal namun tetap bukan seorang pecundang.Kegagalan itu hanyalah kemunduran sementara. Kegagalan tidaklah pernah menjadi bab terakhir dari buku kehidupan anda kecuali anda menyerah.Kegagalan adalah persiapan alami untuk meraih sukses Walaupun tampaknya aneh, sukses itu lebih sulit dijalani dengan sukses ketimbang kegagalan.Kegagalan bukan berarti kamu harus menyerah Tapi itu artinya anda harus berusaha lebih keras lagi.
Pada saat Thomas Alfa Edison mencoba untuk menemukan lampu pijar, ia mengalami ribuan kali kegagalan dalam mencari bahan dasar kawat pijar yang dapat digunakan. Tetapi kegagalan-kegagalan ini tidak memupuskan semangatnya untuk terus mencoba meraih apa yang ia harapkan. bayangkan saja seandainya pada saat itu thomas alfa edison menyerah, apa yang terjadi??.

Jika kita menelusuri penyebab kegagalan, maka kita dapat menggolongkan penyebab tersebut dalam dua golongan besar, yakni kegagalan karena faktor internal dan kegagalan karena faktor eksternal.Kegagalan karena faktor internal adalah kegagalan yang berasal dari dalam diri kita sendiri. Banyak hal yang dapat menjadi penyebab kegagalan ini, seperti kurang adanya perhitungan pada saat awal melangkah, kurang hati-hati dalam melakukan sesuatu, atau karena terlalu menganggap remeh suatu pekerjaan tertentu. Tetapi penyebab internal yang paling sering terjadi adalah rasa takut untuk mencoba atau memulai sesuatu kesempatan. Dengan menghindari peluang atau kesempatan bukan berarti kita telah terlepas dari kemungkinan kegagalan yang mungkin kita hadapi, akan tetapi kita justru telah menetapkan kegagalan tersebut sebagai pilihan kita.

oleh karena itu, Dalam hidup sudah sewajarnya jika seseorang atapun sekelompok orang memiliki sebuah ambisi, karena sudah fitrah manusia mendambakan untuk mendapatkan sesuatu yang dia inginkan. Walaupun pada akhirnya bukan manusialah yang bisa menentukan apakah ambisi itu bisa tercapai ataupun gagal ditengah jalan.

kata orang Pengalaman adalah guru terbaik. mungkin bagi saya pepatah sudah ketinggalan zaman, karena yang terpenting adalah pengalaman orang lain adalah Maha Guru Terbaik. karena dengan pengalaman orang lain kita tidak terjun dalam suatu kesalahan yang sama.Baik itu kegagalan ataupun kesuksesan. hal ini mengandung arti bahwa dari semua kegagalan yang kita hadapi, kita harus tetap berpikiran positif, dan harus dapat mengambil pelajaran dari kegagalan tersebut. Kita harus sadar bahwa risiko dari semua tindakan yang kita lakukan adalah sukses atau gagal.Walaupun banyak pelajaran yang dapat diambil dari tiap kegagalan. Tetapi justru banyak orang yang tidak mau mengembalikan kegagalan yang ia alami ke diri mereka sendiri. Mereka justru mengalihkan atau mengambinghitamkan kegagalan tersebut kepada orang lain. Hal inilah yang harus dapat kita hindari. Karena jika tetap mengambinghitamkan kegagalan kepada orang lain, kita tidak akan pernah dapat mengambil pelajaran dari kegagalan tersebut.

Kunci utama dalam menghadapi kegagalan adalah berjiwa besar. Seseorang haruslah berjiwa besar dalam menghadapi kegagalan internal ataupun eksternal. Khususnya kegagalan internal, seseorang haruslah berani untuk mengakui kesalahan atau kelalaian yang telah ia perbuat. Tetapi kebanyakan orang biasanya lebih senang untuk mencari alasan atau kambing hitam atas
kegagalan yang ia hadapi, sehingga orang seperti ini tidak akan pernah bisa belajar dari kegagalan yang ia alami. Selain berjiwa besar, seseorang juga memiliki suatu kemampuan untuk
menghadapi permasalahan atau kegagalan yang ia alami.

Berikut ini adalah beberapa langkah sederhana yang saya sarankan kita lakukan pada saat kita menghadapi kegagalan:

Suatu kegagalan yang tidak dapat dilalui dengan baik akan membekas di dalam pikiran bawah sadar seseorang. Pikiran bawah sadar mempunyai kemampuan menimbang-nimbang setiap masukan informasi dari pikiran sadar, kemudian dicocokkan dengan arsip yang ada pada pikiran bawah sadar yang ada hubungannya dengan kejadian yang sama di masa lalu. Jika tanggapan pikiran bawah sadar adalah negatif, maka pikiran bawah sadar akan mengirimkan reaksi negatif kepada pikiran sadar, dan selanjutnya pikiran sadar tanpa dapat dikontrol akan melakukan reaksi emosional, berupa marah, benci, takut, iri, kikir, sedih, dan lain-lain. Apabila seseorang dapat melepaskan atau release kegagalan yang ia alami kepada nasib Tuhan, maka pikiran bawah sadar orang tersebut tidak akan menyimpannya sebagai sesuatu yang negatif.

Memulai suatu kegiatan baru, merupakan salah satu solusi agar seseorang tidak larut di dalam kegagalan. Pada saat memulai suatu kesempatan baru, kita haruslah benar-benar siap untuk melakukan hal-hal terbaik yang dapat dilakukan. Tetapi kita juga harus menyadari dari awal, seluruh kegiatan yang kita mulai dapat berakhir pada kesuksesan ataupun kegagalan. Dan janganlah lupa untuk menggunakan peta kekuatan baru yang kita miliki. Ada dua kesempatan yang dapat kita lakukan. Pertama adalah tujuan baru dengan cara lama atau tujuan lama dengan cara baru. Kedua, tujuan baru dengan cara yang baru. Jangan Takut Untuk Memulai kembali, walau pun kita pernah gagal, saya menyarankan kepada semua sahabat untuk tetap dapat mencoba, karena kegagalan adalah kunci untuk mencapai keberhasilan tertunda. ayo terus mencoba jangan pernah takut gagal dan jangan pernah takut bermimpi.

Good Luck

  © Free Blogger Templates Wild Birds by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP